[Review] Koe No Katachi

koe-no-katachi-560x320

English: A Silent Voice | Synonyms: The Shape of Voice, A Silent Voice: The Movie | Japanese: 聲の形 | Aired: Sep 17, 2016 | Producers: Shochiku, Pony Canyon, Kodansha, ABC Animation, Quaras | Studios: Kyoto Animation | Source: Manga | Genres: Drama, School, Shounen | Duration: 2 hr. 10 min. | Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis

Ishida Shouya menghabiskan setengah bulan belakangan ini dengan mencoba bunuh diri. Ia tidak bisa lagi menanggung rasa bersalah dan rasa sepi yang menderanya sejak sebuah peristiwa di masa SD.

Suatu hari di tahun terakhir SD-nya, seorang anak tunarungu pindah ke kelas Ishida Shouya. Ishida yang agresif dan blak-blakan risih dengan cara Nishimiya Shouko, anak baru itu, berkomunikasi dengan sekitarnya. Teman-teman sekelas Ishida yang lain juga merasa tidak nyaman dengan kehadiran Nishimiya, dan mulai mem-bully-nya.

Ketika suatu hari Ishida mencabut paksa alat bantu dengar milik Nishimiya hingga telinganya berdarah, sekolah menjadi gempar dan Ishida ditetapkan sebagai tersangka. Tak ada satu pun di antara teman-temannya yang mengaku telah merundung Nishimiya, membuat Ishida harus menanggung kesalahan mereka semua sendirian.

Dicap sebagai bully, Ishida menerima perlakuan yang sama persis seperti Nishimiya dan mulai menarik diri. Ia kemudian berhenti mendengarkan dan menatap wajah orang-orang dan menjadi penyendiri. Di sisi lain, ia juga belajar berbahasa isyarat, berharap bisa kembali bertemu dengan Nishimiya untuk menebus kesalahannya waktu kecil dulu.

Baca selengkapnya

[Review] CRISIS: Special Security Squad

ogp

Information

Title: CRISIS | Also known as: CRISIS: Special Security Squad | Tagline: 公安機動捜査隊特捜班 / Kouan Kidou Sousatai Tokusou-han | Format: Renzoku | Genre: Action | Episodes: 10 | Broadcast network: Fuji TV / KTV | Broadcast period: 2017-Apr-11 to 2017-Jun-13 | Air time: Tuesday 21:00 | Theme song: I need your love by Beverly | Screenwriter: Kaneshiro Kazuki | Chief Producer: Kasaoki Takahiro | Producer: Hagiwara Takashi | Director: Suzuki Kosuke, Shiraki Keiichiro | Music: Sawano Hiroyuki, Kohta Yamamoto

Baca selengkapnya

[Review] Wolf Children

ookami_kodomo_no_ame_to_yuki_by_palo666-d6yyf38
Image source: DeviantArt

English: Wolf Children
Synonyms: The Wolf Children Ame and Yuki
Japanese: おおかみこどもの雨と雪 (Ookami Kodomo No Ame To Yuki)
Type: Movie
Aired: Jul 21, 2012
Producers: Madhouse, VAP, Dentsu, Yomiuri Telecasting Corporation, Kadokawa Shoten, Toho
Licensors: FUNimation Entertainment
Studios: Studio Chizu
Source: Original
Genres: Slice of Life, Fantasy
Duration: 1 hr. 57 min.
Rating: PG – Children
Baca selengkapnya

[Storial] She Is The Paradox

img-20170109-wa0006.jpgAnother heavy-class thriller in Storial. One of the best, I bet. Percayalah tidak ada yang tidak terpikat pada cerita ini sejak bab pertama. Dibuka dengan adegan pembunuhan yang cerdas, anggun, dan narasi yang dinamis, Narazwei sukses mengajak pembaca lintas genre untuk menceburkan diri dalam-dalam ke peliknya perpolitikan di negara pecahan Indonesia, Nusa Antara.

Kata Nara, tidak ada tokoh utama di cerita ini. Namun para pembaca menetapkan hati pada Forte, agen Carrier yang bertugas mengantarkan kematian. Kebayang kerennya kayak apa. Dengan keahlian seabrek dan kepandaian bersilat lidah, Forte jadi begitu seksi di mata para gadis. Tak terhitung berapa cewek yang desperate sama dia, kecuali Kara, gadis yang tinggal satu atap dengannya. Dia satu-satunya yang bikin Forte bersedia melakukan apa saja demi melindunginya.

Baca selengkapnya

[Review] Princess Mononoke

eyes_unclouded_by_yuumei-d8tcer2
Image source: DeviantArt

English: Princess Mononoke
Synonyms: Mononoke Hime
Japanese: もののけ姫
Type: Movie
Status: Finished Airing
Aired: Jul 12, 1997
Producers: Tokuma Shoten, Nippon Television Network Corporation
Licensors: GKids
Studios: Studio Ghibli
Source: Original
Genres: Action, Adventure, Fantasy
Duration: 2 hr. 10 min.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Baca selengkapnya

[Storial] How Did Denis Die?

Dang… kita review buku lain di Storial, yuk. Kali ini ke genre thriller kelas berat. Aku pilih bukunya Triskaidekaman yang berjudul Custodivi Absconditum, yang artinya “rahasia yang tersimpan”. Unik ya judulnya? Penulis dari kalangan medis satu ini memang punya ciri khas dalam menamai tulisan-tulisannya. Enggak jauh-jauh dari bahasa Latin.

Custodivi (kita sebut begitu saja biar ringkas) bercerita tentang seorang penerjemah freelance, Jasmine Murdaya, yang punya keahlian khusus menerjemahkan dokumen-dokumen medis. Pacarnya, Rafael, adalah seorang dokter. Kami menjulukinya Abang Mie Tek-tek, karena memang suka beliin Jasmine mie tek-tek (yang sini sendiri belum pernah makan, cuma dengar-dengar aja dari orang lain).

Suatu hari, Jasmine bergabung dengan sebuah biro penyedia jasa penerjemah dokumen medis yang diketuai oleh Petra Gibraltana. Tugas pertama Jasmine adalah menerjemahkan dokumen kematian seorang WNI yang tinggal di Kanada, Denis Wiryandaru, yang tewas secara tidak wajar.

Baca selengkapnya

[Resensi Buku] With Or Without You

Akhirnya… keturutan buat baca novel Kak Prisca Primasari. Udah dari lama penasaran, soalnya Prisca ini identik dengan Rusia, Perancis, dan hal-hal yang muram tapi manis. Walaupun lebih pengin baca yang Love Theft, tapi karena dapetnya yang ini duluan, enggak apa-apa deh. Bonus tanda tangan pula, hihihi.

Berat rasanya mengakhiri novel ini. Suka sekali dengan realm-nya. Comical dan crooky. Mungkin karena aku sendiri suka dengan style Tim Burton dan Edgar Allan Poe, jadi membaca cerita ini berasa lagi di atas awan. Penokohannya pun unik sekali, terutama buat si Flynn yang sudah nongol di novel Prisca terdahulu ya.

Baca selengkapnya

[Resensi Buku] We Were Liars

Yatta… beri aku selamat karena akhirnya bisa menamatkan novel ini. Berapa bulan berlalu sejak mulai baca ini, ya? Awalnya iseng-iseng je, enggak terlalu tertarik, cuma karena teman-teman yang lain lagi pada baca novel ini makanya sini pun ikutan baca.

But really, dari awal sudah suka dengan gaya berceritanya E. Lockhart ini. Narasinya tertuang dalam kalimat-kalimat pendek yang personal dan memikat. Gimana cara bilangnya, ya? Dia mengatakan sesuatu yang gamblang, biasa saja, tapi di saat bersamaan berhasil membangun atmosfer kental yang meyakinkan kita bahwa ada cerita berbeda dari yang ia sampaikan. She’s just lying. She hides something behind her back.

Baca selengkapnya

[Review] Your Name

thumb-1920-731745

English            : Your Name.
Japanese          : 君の名は (Kimi no Na wa)
Aired               : Aug 26, 2016
Producers        : Kadokawa Shoten, Toho Company, Lawson HMV Entertainment, Amuse, East Japan Marketing & Communications
Licensors         : FUNimation Entertainment
Studios            : CoMix Wave Films
Source             : Original
Genres             : Drama, Romance, School, Supernatural
Duration          : 1 hr. 46 min.
Rating             : PG-13 – Teens 13 or older
Baca selengkapnya