perfect-1024English: Perfect Blue | Japanese: パーフェクト・ブルー | Aired: Feb 28, 1998 | Directed by: Kon Satoshi | Licensors: Manga Entertainment | Studios: Madhouse | Source: Novel | Genres: Dementia, Horror, Psychological, Drama | Duration: 1 hr. 20 min.

Kon Satoshi memang hobinya bikin anime thriller hardcore macam ini. Kekerasan, halusinasi, dan nudity-nya habis-habisan banget. Palingan puasaku udah enggak sah lagi ini (merasa bersalah).

Bercerita tentang Kirigoe Mima yang banting setir dari idola pop menjadi aktris. Namun semuanya tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Dari adanya stalker, naskah skenario cabul, dan tawaran foto-foto tidak senonoh, yang akhirnya membuat Mima kehilangan jati dirinya.

Nah, aku baru menyadari ada tag ‘dementia’ pada genre film ini. Beberapa waktu lalu sering membahas genre dementia sama adikku, Gab, yang suka mengoleksi serial anime. Dia bertanya padaku, “Dementia itu apa?” Aku dengan polosnya berkata, “Penyakit orang lanjut usia.” Terus Gab bilang, “Tapi film ini enggak ada lansianya sama sekali. Malah kayak film horor, cuma lebih absurd. Aku enggak bisa tidur habis nonton itu.”

Gab anaknya hard-boiled. Dia enggak masalah sama film action 17+ dan thriller gore sekalipun. Tapi begitu dia bilang dia enggak tahan nonton film dementia, aku pikir dia sudah mencapai titik jenuhnya. Jadi penasaran sendiri dementia itu yang seperti apa.

Dan rupanya, setelah menyusup ke forum anime online, aku menyimpulkan bahwa dementia bukan genre. Dia adalah salah satu topik yang termasuk di dalam genre psychological. Tipikalnya lebih mengganggu pikiran dengan adegan-adegan yang di luar batas penerimaan kita. Contohnya ya film Perfect Blue ini. Dia tidak hanya sebatas “psychological”, tetapi juga menekan lebih dalam dan lebih keras lagi. Enggak habis pikir apa yang dipikirin sama sutradaranya waktu menggarap film ini.

Oh ya, film ini menjadi inspirasi untuk film psychological thriller “The Black Swan” yang dibintangi oleh Natalie Portman dan Mila Kunis.

Jika disuruh memberi rating… hmm… 5 dari 10 deh. Film ini berkualitas, tetapi secara pribadi bikin daku merinding disko dan merasa tidak polos lagi (nah lo).

Iklan

Kemari, kamu pasti ingin berkata sesuatu.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s