imagePenulis: Akiyoshi Rikako
Penerjemah: Andry Setiawan
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: 2015
Tebal: 246 halaman

Suatu malam, aku didorong jatuh dari tebing. Untungnya aku selamat.

Namun, saat aku membuka mataku dan menatap cermin, aku tidak lagi memandang diriku yang biasa-biasa saja. Tubuhku berganti dengan sosok pemuda tampan yang tadinya hendak menolongku.

Dengan tubuh baruku, aku bertekad mencari pembunuhku.

Tersangkanya, teman sekelas. Total, 35 orang.
Salah satunya adalah pembunuhku.

***

Yaay…ini adalah novel dari Penerbit Haru yang pertama kali saya beli. Alasannya simpel sekali, karena kovernya keren banget. Tadinya pengin sekalian beli Girls In The Dark yang juga ditulis oleh Mbak Akiyoshi, tapi di Gramedia Jambi lagi kosong. Best seller sih, hiks.

Meskipun bergenre misteri, novel ini ringan dan mudah dipahami. Diceritakan dari sudut pandang orang pertama, pembaca dibawa ke dalam kehidupan Koyama Nobuo yang suram dan memandang segala sesuatunya dari jendela kaca.

Nobuo adalah seorang siswa SMA yang mengalami penolakan pasif dari orang-orang di sekelilingnya. Ia pendiam, tertutup, dan memiliki bayangan yang tipis hingga orang-orang jarang merasakan kehadirannya (serius, ini cerminan diri saya sendiri). Ia juga seorang maniak kereta api, membuat sosoknya cenderung dihindari sebagian besar orang. Ia hanya memiliki satu teman yang tak lebih menarik darinya.

Singkatnya, Nobuo bukan tipe orang yang pantas untuk dibunuh.

Namun, kehidupannya berubah setelah ia ‘mati’ dan masuk ke jasad orang lain yang memiliki rupa bertolak belakang dengan dirinya (pengin bangeeet). Kini dia adalah Takahashi Shinji, seorang pemuda tampan, superstar, yang digandrungi para siswi di sekolahnya.

Hidup sebagai orang lain, Nobuo mengecap belahan dunia lain yang tak pernah ia harapkan untuk digapai sebelumnya. Ia jadi memiliki banyak teman dari kalangan idola sekolah, menjadi pusat perhatian, hidup bersama orang tua yang berkecukupan, serta mempunyai pacar!

Ia mendapatkan sudut pandang baru dalam menilai kehidupan dan memanfaatkan raga rupawannya untuk menjeritkan unek-unek yang selama ini dia tahan dan membantu anak-anak lain yang bernasib sama seperti dirinya dulu.

Dengan jasad barunya pula, ia menyelinap dari satu kelas ke kelas lain, dari satu klub ke klub lain, untuk mengumpulkan alibi ke-35 teman sekelasnya dan mengungkap siapa yang telah membunuhnya.

Mendapati ada lebih dari satu orang yang tidak memiliki alibi dan bahkan ibu kandungnya tak lagi bisa dipercaya, Nobuo ingin menyerah. Tapi ia tidak bisa, karena si pelaku tahu bahwa jiwa Nobuo ada di tubuh Shinji. Kini ia berkejaran dengan waktu untuk mengungkap siapa pembunuhnya sebelum Orang-yang-Tahu-Kebenaran itu yang menangkapnya.

Kininaru? Recommended deh novel ini!

Saya beri tiga bintang untuk novel ini. Satu buat ide cerita yang wow. Satu untuk pemikiran Nobuo yang pas ngena banget di sanubari saya. Dan satu lagi buat twist akhirnya.

Kemari, kamu pasti ingin berkata sesuatu.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s