Seingatku aku mulai jatuh cinta pada karakter ini saat duduk di bangku kelas 1 SD, itu artinya 12 tahun yang lalu. Shinichi Kudo sangat khas dengan gaya sombongnya, cara bicara, juga kecerdasan dan keahliannya, makanya siapapun yang kenal tokoh ini pasti tergila-gila.

Untuk sebuah karakter protagonis pada Manga, Shinichi termasuk unik. Biasanya tokoh utama sebuah Manga dideskripsikan memiliki sifat periang, ceroboh, standar, tapi bisa keren juga kalau di saat-saat genting. Tetapi Shinichi berbeda. Dia sangat karismatik. Semua keunggulan–kecuali bidang musik–ada padanya. Dan sikapnya begitu dingin dan menyakitkan, apalagi jika sudah bilang, “Bodoh.”

Untuk ukuran seseorang yang menggilai buku dan memiliki perpustakaan pribadi di rumahnya, aneh juga Shinichi tidak memakai kacamata, padahal beberapa kali dia diceritakan sebagai seorang kutu buku. Yang memakai kacamata justru Conan walaupun ia hanya berniat menyembunyikan identitasnya dari Ran Mouri, pacarnya. Mungkin Shinichi sangat menjaga kesehatan matanya, meskipun dia seringkali terserang flu dan demam panas tinggi.

Shinichi mewarisi keenceran otak ayahnya dan bakat akting ibunya. Haibara mengakui hal itu di volume 41. Jika Shinichi tidak pandai berakting, identitas aslinya pasti sudah terbongkar sejak saat ia berubah menjadi kecil dan ia tak akan bisa menirukan gaya bicara siapapun yang ‘dirasukinya’ dengan alat pengubah suara. Dalam hal ini, terdapat pengecualian, ia tidak bisa menirukan logat Kansainya Heiji Hattori.

Meskipun digambarkan cool, karakter Shinichi sangat hidup dan berkembang karena awal mulanya dia dengan bangganya memamerkan julukan ‘Detektif SMU’, tetapi belakangan selalu merendah dan bahkan menjuluki dirinya “Anak SMA bodoh yang selalu menganggap dirinya detektif hebat ini!”

Pada beberapa cerita di buku komiknya, orang-orang terdekatnya menceritakan kehebatan Shinichi seolah dia sudah mati dan tinggal kenangan. Entahlah apakah itu berarti Pak Aoyama tidak berniat mengembalikan tubuh Shinichi ke bentuk semula atau cuma romantisasi cerita belaka.

Kisah cinta Shinichi dengan Ran menurutku adalah bagian paling misterius dari serangkaian kepribadian Shinichi sendiri. Di volume 1, Shinichi tampak begitu senang berkhayal-khayal jika seandainya sudah jadian dengan Ran, tetapi akhir-akhir ini dia semakin dingin saja, aku aja mau nangis, hiks..hiks…

Tetapi menurutku, cinta sejati Shinichi bukanlah Ran, melainkan Heiji!!!

Lho, lho, lho??? Hombreng gitu ceritanya???

Enggak kalee… masalahnya cuma… Heiji sangat gembira tiap kali ingin bertemu Shinichi. Bahkan mengesampingkan urusannya dengan pacar yang asli, yaitu Kazuha. Bisa dikatakan, Shinichi dan Heiji bukanlah saingan antara Detektif Timur dan Detektif Barat, tetapi lebih mirip soulmate yang senantiasa berbagi.

All about Shinichi… is a never ending story. Sebanyak apapun kau telah membicarakannya, kau tak akan pernah kehabisan bahan dan semangat untuk terus membicarakannya…

Baca juga..
AKHIR CERITA DETECTIVE CONAN!!!
Shinichi Kudo & Ai Haibara

Kemari, kamu pasti ingin berkata sesuatu.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s